Simplon-Village

Best Sights

Home » 8 Tips Finansial Untuk Para Pemuda

8 Tips Finansial Untuk Para Pemuda

Sayangnya, finansial pribadi belum menjadi subjek yang diperlukan di sekolah ataupun di perguruan tinggi, sehingga anda mungkin cukup kesulitan saat menyangkut bagaimana mengelola keuangan anda saat anda keluar di dunia nyata untuk pertama kalinya.

Untuk membantu anda memulai, saya ada melihat 8 hal yang terpenting untuk dipahami tentang finansial jikalau anda ingin hidup nyaman dan sejahtera.

  1. Mempelajari pengendalian diri

Jika anda beruntung, orang tuamu akan mengajarkan anda keterampilan ini saat anda masih kecil. Jika tidak, perlu diingat bahwa semakin cepat anda mempelajari seni menunda kepuasan, semakin cepat anda akan merasa mudah untuk menjaga tingkat keuangan anda. Meskipun anda dapat dengan mudah membeli item kredit di setiap menit yang anda inginkan, lebih baik menunggu waktu tersebut sampai anda benar-benar telah menabung uang.

  1. Mengendalikan masa depan keuangan anda sendiri

Jika anda tidak belajar untuk mengelola keuangan anda sendiri, orang lain akan mencari cara untuk (misalnya) mengelolanya untuk anda. Beberapa orang mungkin bermaksud mencari keuntungan pribadi, seperti oknum perencanan keuangan berbasis komisi. Dan lainnya mungkin bermaksud baik, tetapi mungkin mereka tidak tahu apa yang sebenarnya dilakukan.

Anda tidak perlu mengandalkan saran orang lain, cukup bertanggung jawab dan sering membaca buku tentang keuangan pribadi. Setelah anda berbekalkan pengetahuan keuangan pribadi, jangan biarkan orang lain menangkap kelemahan anda. Memahami bagaimana cara uang bekerja adalah langkah pertama menggandakan keuangan anda.

  1. Mengetahui kemana uang anda mengalir

Saat anda telah membaca beberapa buku tentang keuangan pribadi, anda akan sadar begitu krusialnya untuk memahami pengeluaran anda tidak melebihi pendapatan anda. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan melakukan anggaran. Setelah anda melihat bagaimana uang anda mengalir selama 1 bulan, anda akan menyadari akan adanya biaya terkecil dan perubahan yang dikelola dalam biaya sehari-hari sehingga anda dapat mengetahui situasi keuangan anda.

Selain itu, menjaga biaya bulanan anda serendah mungkin juga akan menghemat uang di sepanjang waktu.

  1. Mulai membangun dana darurat

Salah satu mantra yang sering diulang-ulang dalam keuangan pribadi adalah “lunasi diri anda terlebih dahulu”. Tidak peduli seberapa banyak hutang pinjaman atau hutang kartu kredit, dan tidak peduli seberapa rendah gaji anda; dengan menemukan beberapa jumlah uang didalam anggaran anda untuk disimpan didalam dana darurat setiap bulannya adalah sikap yang bijaksana.

Memiliki uang tabungan untuk digunakan didalam keadaan darurat benar-benar bisa membuat anda keluar dari kesulitan finansial dan membantu anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

  1. Mulai menabung untuk dana pensiun dari sekarang

Sama seperti anda menginjakkan kaki ke sekolah TK dengan harapan dari orang tuamu agar kelak anda bisa menjadi orang tersukses di dunia saat dewasa nanti. Maka anda juga perlu mempersiapkan dana pensiun dari sekarang. Karena adanya bunga simpanan, semakin cepat anda mulai menabung maka semakin cepat anda akan dapat melihat pekerjaan sebagai sebuah “pilihan” daripada “keharusan”.

Selain menabung, anda bisa juga memanfaatkan investasi untuk mendapatkan keuntungan / deviden dari yang anda investasikan. Investasi tidaklah harus dengan modal besar, dengan modal 10.000 Rupiah anda sudah bisa melakukan investasi jangka pendek seperti pada binary option.

  1. Mendapatkan grip atas pajak

Sangat penting untuk memahami bagiamana pajak penghasilan diterapkan bahwa sebelum anda mendapatkan gaji pertama. Saat sebuah perusahaan mulai menawarkan gaji, anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung gaji dimana apakah gaji tersebut akan memberikan anda cukup uang setelah dipotong pajak untuk memenuhi tujuan dan kewajiban keuangan anda. Untungnya ada banyak kalkulator online yang telah mengambil pekerjaan dari menentukan pajak atas gaji anda seperti Paycheck City. Kalkulator ini menampilkan gaji kotor anda, seberapa banyak nominal yang akan dikenakan pajak dan seberapa banyak yang akan anda dapatkan setelah dipotong pajak.

  1. Jagalah kesehatan anda

Jika bertemu premi asuransi kesehatan bulanan tanpaknya tidak begitu memungkinkan, maka apa yang akan anda lakukan saat anda harus pergi ke ruang gawat darurat dimana satu kunjungan untuk cedera ringan seperti patah tulang dapat memakan biaya ribuan dolar? Jika anda tidak diasuransikan, maka jangan menunggu hari lain untuk mengajukan asuransi kesehatan; lebih mudah daripada yang anda pikirkan untuk terkena kecelakaan mobil atau saat menuruni anak tangga.

Anda dapat menghemat uang dengan mendapatkan penawaran dari penyedia asuransi yang berbeda untuk menemukan harga terendah. Dan juga, dengan mengambil langkah-langkah setiap hari mulai dari sekarang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat seperti mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, menjaga berat badan yang sehat, berolahraga, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan bahkan mengemudi dengan main.

  1. Menjaga tingkat kekayaan anda

Apabila anda ingin mengecek bahwa semua uang yang anda raih dengan susah payah tidak hilang, maka anda harus menetapkan cara-cara tepat untuk melindunginya. Jika anda ingin menyewa, maka dapatkan penyewa asuransi untuk melindungi seisi rumah anda dari kasus seperti pencurian atau kebakaran. Asuransi penderita cacat melindungi aset terbesar anda – kemampuan untuk mendapatkan penghasilan – dengan menyediakan anda penghasilan tetap jika anda tidak dapat bekerja dalam jangka waktu tertentu karena sakit atau cedera.

Name of author

Name: Richard Dalzell